Asessmen Online menjadi Solusi Guru BK Kab. Barru di masa Pandemik Covid 19

Dengan tetap menjalankan protokol Kesehatan Menjaga Jarak dan memakai Masker, Pelatihan Asessmen Online bagi Forum Musyawarah MGBK Kabupaten Barru dilaksanakan di Aula SMA Negeri 1 Barru  pada hari minggu tanggal 20 September secara luring. Kegiatan ini sebanyak 38 Guru BK yang berasal dari Guru BK tingkat SMA dan SMK sekabupaten barru.

Kegiatan ini merupakan program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas negeri Makassar T.A 2020 yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme Guru BK melalui Asessmen Online, sebagai upaya pengumpulan data informasi untuk memperoleh gambaran berbagai kondisi peserta didik, dalam menyusun program bimbingan dan konseling di masing-masing sekolah.

“Sebagai wujud menyusun program Bimbingan dan Konseling di masa Covid 19 ini, layanan Bimbingan dan Konseling harus tetap berjalan khususnya dalam menyusun Program Layanan. Salah satu layanan yang dapat dilakukan adalah dengan Asessmen Online” Ungkap Dr Abdul Saman, M.Si.Kons dalam Sambutannya (20/09/20)

Pelatihan Asessmen Online ini berdasar pada instrument Analisis Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) menggunakan Aplikasi online Google Form. Google form yang merupakan komponen layanan Google Docs sangat mudah digunakan dalam membuat instrument online, praktis, fiturnya lengkap dan familiar dikalangan pendidik.

Salah satu aplikasi online yang dapat digunakan dalam menyususn Instrumen Asessmen adalah google Form karena sudah dilengkapi tools dalam membuat instrument, pengolahannya mudah dan praktis serta aplikasinya free dan terintegrasi dengan Email Google” Ilham Bakhtiar dalam membawakan materi (20/09/20)

Penggunaan Asessmen Online ini sangat praktis karena setelah intrumen selesai digunakan, dapat dibagikan kepada peserta didik melalui Group Jejaring Sosial Kelas misalnya WA, Facebook sehingga mempercepat proses asessmen dan tidak menggunakan waktu yang banyak. Dengan pemberian pelatihan Asessmen Online sasngat diharapkan Guru BK dapat tetap bekerja di Masa Covid 19 ini.

Guru BK merasakan langsung manfaat pelatihan bahkan peserta sangat antusian mengikuti materi karena pelatihan ini selain penjelasan, dilanjutkan dengan Praktek menggunakan google Form, menyususun Instrumen secara Online pada Aplikasi Google Form serta mengkonfigurasi hasil penilaian siswa ke Aplikasi AKPD secara cepat dan praktis. Peserta sangat mengharapkan model pelatihan seperti ini dapat berlanjut dan sering-sering dilakukan bagi Guru-Guru Bimbingan dan Konselng di kabupaten Barru.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat  Bagi peningkatan kompetensi Guru BK, diharapkan pelatihan ini rutin dilaksanakan” Ungkap Peserta Pelatihan Guru BK SMAN 1 Barru. (20/09/20)