Dosen Bimbingan dan Konseling UNM mengadakan PKM di Unismuh Palopo

Dosen program studi bimbingan dan konseling UNM Makassar telah melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang bekerjasama dengan asosiasi bimbingan dan konseling kota Palopo Program Kemitraan masyarakat ini merupakan salah satu dari wujud tri dharma perguruan tinggi yang diemban oleh dosen. PKM yang mengusung tema “Peningkatan Kematangan Karir dan Kompetensi Pribadi Konselor di Era Digital 4.0” diketuai oleh Dr. Farida Aryani, M.Pd dan Dr. Abdullah Sinring, M.Pd.

PKM ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Palopo dengan menghadirkan peserta yang cukup banyak yaitu 102 orang peserta.materi yang dipaparkan pada PKM ini sangat menarik antusisas para peserta meningat kematangan karir dan kompetensi konselor pada era 4.0 ini merupakan hal yang berkesinambungan. Materi kematangan karir yang dibawakan oleh Dr. Farida Aryani, M.Pd memberikan pmehaman kepada peserta bahwa sangat penting untuk membimbing peserta didik dalam mencapai kematangan karir sesuai dengan tahap perkembangannya. Sebagai salah satu bidang bimbingan, karir merupakan hal yang perlu diperhatikan sejak masa orientasi peserta didik, agar peserta didik mampu memilih karirnya sesuai dengan minat dan kemampuannya. Kematangan karir tentunya tidak lepas dari peran oramgtua sehingga, pemateri juga menekankan bahwa pentingnya melibatkan orangtua dalam mediskusikan karir anak sehingga orangtua bisa mendkung anak sepenuhnya dalam pemilihan karirnya.

Dr. Abdullah Sinring, M.Pd selaku pemateri kedua membawakan materi mengenai kompetensi konselor di era 4.0. pemateri menuturkan tentang berbagai peran media digital dan pentingnya konselor untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang teknologi informasi untuk menghadapi era 4.0 ini, dimana era 4.0 sebagaian besar aktifitas telah dilaksanakan melalui media informasi. Pemateri juga menekankan bahwa pengembangan media-media bimbingan dan koseling saat ini senantiasai berbasis IT untuk itu sangat dibutuhkan konselor yang kompeten untuk menjadi pembimbing peserta didik. Pengetahuan konselor mengenai jenis-jenis karir terbaru atau karir kekinian juga sangat penting untuk peserta didik dikarenakan era digital 4.0 ini menghadirkan banyak lapngan pekerjaan baru yang membutuhkan keahlian-keahlian terbaru juga. Sehingga, ketika konselor paham mengenai era digital 4.0 ini baik dari bidang karir, belajar, sosial maupun pribadi konselor menjadi tidak kaku lagi dalam membimbing peserta didik yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan generasi Z.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu 25 Juli 2020 ini sangat menambah pengetahuan dan membuka wawasan bagi peserta. Banyak peserta diantarnya cukup aktif dalam memberikan umpan balik kepada pemateri. Beberapa peserta lain juga memberikan testimoni mengenai kegiatan PKM ini diakhir acara, salah satunya dari Dewi yang menyampaikan bahwa Ia merasa dengan adanya kegiatan ini dan dengan materi yang sangat menarik ini peserta menjadi semakin bersemnagat untuk menambah pengetahuannya untuk menjadi konselor yang kompeten. Komentar lain juga disampaikan oleh Anti salah satu mahasiswa Unismuh Palopo bahwa sebagai calon konselor materi PKM ini sangat berguna agar mahasiswa lebih mempersiapkan dirinya sebelum terjun langsung menjadi konselor di sekolah, mereka berharap agar kegiatan yang membuka wawasan seperti ini perlu dilakukan lebih sering lagi.